Cara Menghilangkan Jamur Kuku Menggunakan Bahan Alami

Image result for Jamur Kuku

Jamur kuku jari kaki, juga disebut onikomikosis, adalah infeksi jamur umum pada kuku jari kaki Anda. Gejala yang paling nyata adalah perubahan warna putih, coklat, atau kuning dari satu atau lebih kuku kaki Anda. Ini dapat menyebar dan menyebabkan kuku menebal atau pecah. Musim sandal atau tidak, jamur kuku biasanya bukan apa yang ingin Anda lihat ketika Anda melihat kaki Anda. Untungnya ada banyak perawatan yang bisa Anda coba.

Antijamur oral yang diresepkan seperti terbinafine (Lamisil) atau fluconazole (Diflucan) secara tradisional digunakan untuk mengobati jamur kuku. Perawatan ini seringkali efektif, tetapi mereka dapat menyebabkan efek samping yang serius mulai dari sakit perut dan pusing hingga masalah kulit yang parah dan penyakit kuning. Ini mungkin mengapa banyak orang mencoba pengobatan rumahan sebagai gantinya. Berikut adalah 10 perawatan di rumah yang populer ini.

Ekstrak snakeroot

Ekstrak snakeroot adalah antijamur yang terbuat dari tanaman dalam keluarga bunga matahari. Sebuah penelitian tahun 2008, Source Trrust menunjukkan bahwa obat ini sama efektifnya dengan jamur kuku jari kaki seperti resep obat antijamur ciclopirox. Untuk penelitian ini, ekstrak snakeroot diaplikasikan ke daerah yang terkena dampak setiap hari ketiga untuk bulan pertama, dua kali seminggu untuk bulan kedua, dan seminggu sekali untuk bulan ketiga. Anda dapat menemukan ekstrak snakeroot online.

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh, juga disebut melaleuca, adalah minyak esensial dengan kemampuan antijamur dan antiseptik. Menurut National Center for Complementary dan Integrative HealthTrusted Source, beberapa studi klinis skala kecil menunjukkan bahwa minyak pohon teh mungkin efektif melawan jamur kuku. Untuk menggunakannya, cat minyak pohon teh langsung ke kuku yang terkena dua kali sehari dengan kapas. Temukan minyak pohon teh kelas terapi di sini.

Minyak Oregano

Minyak Oregano mengandung timol. Menurut ulasan 2016, timol memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Untuk mengobati jamur kuku kaki, oleskan minyak oregano ke kuku yang terkena dua kali sehari dengan kapas. Beberapa orang menggunakan minyak oregano dan minyak pohon teh bersama-sama. Kedua produk ini kuat dan dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Menggabungkan mereka dapat meningkatkan risiko ini. Anda juga dapat menemukan minyak oregano secara online.

Ekstrak daun zaitun

Zat aktif dalam ekstrak daun zaitun, oleuropein, dianggap memiliki kemampuan antijamur, antimikroba, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda dapat menerapkan salep daun zaitun langsung ke jamur kuku atau menelan dalam bentuk kapsul. Menurut ulasan ini, mengambil satu sampai tiga kapsul daun zaitun dengan makanan dua kali sehari lebih efektif daripada salep daun zaitun dalam mengobati jamur kuku. Minumlah banyak air selama perawatan ini. Temukan kapsul ekstrak minyak zaitun atau minyak secara online.

Minyak ozonisasi

Minyak ozon seperti minyak zaitun dan minyak bunga matahari “disuntikkan” dengan gas ozon. Menurut sebuah studi, jenis paparan ozon dalam konsentrasi rendah untuk waktu yang singkat kemudian dapat menonaktifkan banyak organisme seperti jamur, ragi, dan bakteri. Studi lain menemukan minyak bunga matahari ozon lebih efektif dalam mengobati jamur kuku jari kaki daripada resep antijamur, ketoconazole (Xolegel). Untuk merawat kuku jari kaki dengan minyak ozonisasi, gosokkan minyak ke kuku jari kaki yang terkena dua kali sehari.

Cuka

Hanya ada bukti anekdotal yang mendukung cuka sebagai pengobatan untuk kuku jari kaki. Tetap saja, ini adalah obat rumahan yang cukup aman untuk dicoba. Untuk menggunakannya, rendam kaki yang terkena dalam satu bagian cuka ke dua bagian air hangat hingga 20 menit setiap hari.

Bawang putih

Sebuah review menemukan bahwa bawang putih memiliki beberapa kemampuan antijamur dan antimikroba. Anda dapat mengobati jamur kuku kaki dengan bawang putih dengan menempatkan siung bawang putih cincang atau dihancurkan di daerah yang terkena selama 30 menit setiap hari. Mungkin lebih baik, dan lebih sedikit bau, untuk mengobatinya dari dalam ke luar dengan kapsul bawang putih. Ambil sesuai arahan pabrikan.

sumber :

https://www.mayoclinic.org

https://www.healthline.com

https://www.medicalnewstoday.com

sumber gambar

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*